Maybelline FIT ME Foundation | Natural Buff 230

March 4, 2015

Hi guys,

Saya punya review produk alas bedak alias foundation yang saya beli beberapa waktu lalu. Baru kali ini saya nyobain produk foundation dari merk Maybelline, seneng sih karena paling nggak pilihan warnanya banyak (mirip L'Oreal True Match). Salah satu poin di mana produsen makeup di Indonesia harus belajar banyak dari brand luar; bikin shade dengan range yang luas biar semua warna kulit bisa pakai.

Alright, kira-kira gimana yaa performa produk yang saya beli darurat ini? Apakah warnanya masuk di kulit saya yang tanggung ini? Gimana juga hasil akhirnya di kulit saya? Mari lanjoooott bacaaa! :D




Berikut ini klaim yang saya ambil dari blognya Olin [ here ], karena halaman produk ini udah nggak ada di web-nya:
It's Face Makeup That Fits You. No Oils, No Waxes, No Nonsense. Fit Me Foundation Blends Seemlessy For Light to Medium, Natural Coverage That Leaves Skin The Way It Was Meant to Be... Fresh, Breathing, Flawless. The Exclusive Translucent Base And Lightweight Pigments Allow Skin's Natural Highs And Lows to Show Through. Non-Comedogenic And Dermatologist Tested. Available In 18 Breathable Shades.

Setelah foundation terakhir yang turned out to be too light for my complexion dan udah saya lego ke orang lain, saya pilih bener-bener warna foundation yang akan saya beli. Setelah lihat di twlcosmetics.com pilihan warnanya ada 3; 'Natural Buff' dan dua warna lain (salah satu warna terakhir, buat warna kulit fair), saya googling dua warna selain yang buat warna kulit fair. Dan sambil tebak-tebak buah manggis, akhirnya ambil yang 'Natural Buff' dengan pertimbangan saya nggak pede sama warna kulit sendiri. Dibilang light juga nggak, dark juga nggak begitu. Kalaupun medium, suka nanggung gitu takut kegelapan. Eek! -_-*

Sampai di rumah langsung nggak sabar pengen dicobain, karena selama ini cobain produk base ini-itu belum pernah nemuin yang warnanya kayak second skin gitu. Selalu terlalu terang :/ Percobaan awal adalah dengan swatch, kira-kira warnanya masuk nggak dengan warna kulit di dua bagian, yaitu leher dan rahang/pipi. Begitu dicobain, rasanya ini masih sedikit terlalu gelap buat saya dan ada hint oranye-nya gitu setelah beberapa saat. See? I'm not that dark apparently.

Undertone saya sejatinya sih neutral, tapi sejauh ini pake base yang pink undertone kelihatan abu-abu dan kali ini pake yellow tone pun terlalu oranye. Oh well -_-" Kalau dipikir-pikir sih, kayaknya salah warna aja sih, mungkin emang warnanya yang nggak cocok dan terlalu gelap buat warna kulit saya.

This foundation is rather liquid and a bit runny. Jadi hati-hati waktu nuangin dari kemasannya! Tutup mulut botol dengan punggung tangan/telapak tangan, lalu balik botol dan segera kembalikan lagi begitu kulit udah terasa menyentuh produk dari dalam botol. Saya apply produk ini pake Real Techniques Expert Face Brush dan Armando Caruso Stippling Brush and both works fine to blend this product on to my skin. Sejauh ini belum pernah apply pake jari apalagi spons, karena takut ketebelan nanti jadi cakey :/

Mengenai aromanya, saya nggak menemukan wewangian yang menusuk hidung sih selama pemakaian produk ini. Ada aroma tertentu, tapi masih bisa ditolerir dan akan pudar seiring waktu pemakaian :)

How about its finishing result? Pernah baca blognya siapa gitu kalau produk ini recommended buat pemilik kulit kering karena hasil akhirnya dewy. Well, she's right. Hasil akhirnya dewy dan menghasilkan kilap di beberapa bagian wajah saya. FYI, jenis kulit saya oily-combination dan berminyak di area T-zone. Setelah pake produk ini, jadinya seluruh muka saya jadi kelihatan berminyak T.T Akhirnya buat mengurangi 'minyak' itu, saya tepukin bedak deh di sana-sini.

Sejauh ini saya pakai produk ini dalam ruangan ber-AC. Jadi mengenai daya tahannya, saya belum pernah uji di bawah terik matahari atau ruangan yang tanpa penyejuk. Tapi pernah sih keluar siang-siang pas lagi pake produk ini dan ketika muka ditepuk (bukan diusap) pake tisu buat menghapus keringat, produknya transfer. Mungkin karena dia cenderung encer, jadi nggak terlalu set di kulit. Setelah kurang lebih 4-5 jam, coverage-nya memudar dan nggak terlalu menutup lagi. 

Oh ya, bulan lalu saya sengaja pakai produk ini selama beberapa hari buat tes pemakaian produk sebagai daily foundation. Hasilnya, produk ini bikin breakout di kulit saya :( Padahal selepas pemakaian saya udah bersihin muka bener-bener lho. Hiks. Muncul bumpy kecil-kecil di dahi dan pelipis kanan, trus juga ada di deket dagu dan pipi kanan. Padahal kulit saya bukan jenis kulit sensitif dan nggak acne-prone, ibaratnya ini kulit muka udah kayak kulit badak saking kebalnya sama alergi.

Setelah baca di blog-nya (againOlin [ here ], kemungkinan yang jadi biang kerok si Octinoxate yang ditulis gede-gede di bagian kemasannya. Baca-baca di Google, si Octinoxate ini bisa mengakibatkan alergi di beberapa orang, jangan-jangan sih kulit saya alergi sama kandungan ini :/ (What is Octinoxate?)

Soal kemasannya, saya nggak habis pikir deh. Kenapa sih produsen foundation itu suka banget bikin kemasan botolnya cuma lubang doang begini? Padahal yang pake pump kan jauh lebih higienis :/ Anehnya juga, saya pernah baca review di blog-nya Liv dari FashStyleLive kalo produk ini tuh tutupnya model pump. Saya udah seneng aja karena tutupnya pump, eh lah kok pas terima ternyata bolong doang :| Setelah baca-baca, ternyata yang tutup pump cuma dijual di UK aja, yang dari US lubang gede begini -_-*

Botolnya bersiku dan terbuat dari kaca yang lumayan tebal, buat ngetes ketebalannya kayaknya nggak perlu dibanting-banting juga sih. Dilihat aja cukup kok LOL! :p Tutupnya sendiri cukup rapet sih buat saya, asal nggak asal-asalan aja saya rasa bakalan aman    nggak akan tumpah. Sayangnya produk ini nggak dilengkapi segel, jadi saya terima itu tanpa plastik pengaman tutup. Kalau udah berkurang isinya juga nggak ada yang tau ^^


Finally, I can say that I'm pleased wearing this foundation as a part of my makeup routine. It does blend well and I love to see a base product which doesn't look too light on my skin. Yipee! :D However, I think it's still a bit too dark for my complexion and (since I've already had oily skin) the dewy finish makes me look like I haven't done bathing for days :( Mungkin warnanya kudu saya naikin setingkat dan pake yang varian Matte Finish aja :)

FYI, Maybelline belakangan merilis ulang produk foundation seri FIT ME ini. Jadi produk ini udah nggak diproduksi lagi, tapi masih ada beberapa toko yang menjualnya. Foundation seri FIT Me yang sekarang terdiri dari 2 macam varian yang diperuntukkan buat jenis kulit yang berbeda. Buat yang kulitnya kering, bisa pake yang 'Dewy + Smooth' dan yang kulitnya berminyak, bisa pake yang 'Matte + Poreless'. Kalo yang 'Dewy + Smooth' kayaknya formulanya bakalan mirip yang Original ini deh, secara hasil akhirnya sama begitu ;)


Have you tried this foundation from Maybelline?
What is your HG foundation?

+ PLUS
No annoying fragrance
+ Huge range of color option 
+ Low-medium coverage
+ Easy to blend
+ With SPF...

- MINUS
Dewy finish on my face
- Expensive, but still in my price radar
- Not really long lasting (again, on my oily face)
- Inefficient packaging, pump please!
- It caused breakout on my skin :(
- ... beware of white-cast!


Product: Maybelline FIT ME Foundation in Natural Buff - 230 
Price: IDR 150.000 / $15
Rate★★★✩✩



Silver Treasure
FOLLOW ME:

21 comments:

  1. Gue penasaran sama concelaernyaa! Sekarang lagi sensi sama foundi soalnya warna kulitnya lagi gak jelas dimana.. Fondi gue lagi kegelapan semua di muka, jadi galau hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Concealer-nya juga sama mihilnya hiks :'( Di olshop lokal 100rbuan :/

      Delete
  2. Sama deh kak bingung banget milih foundation gitu karena skintone nya nanggung, ini orange banget ya jadi kusam gitu keliatannya muka kakak *di layar hp aku keliatannya gitu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kesalahan bukan pada layar hape anda kok ^^;
      Susah yakk cari yang bener-bener masuk gitu, kirain ini tadinya bisa pas karena pas tak sebelahin sama kulit leher gitu warnanya 11-12. Eh lah begitu diratain ternyata oranye dan kegelapan masihan T.T

      Sekarang lagi pesen Covergirl sih, semoga cocok shade-nya :) *finger-crossed*

      Delete
    2. <-- masih bingung shade covergirl (-__-)a

      Delete
    3. hihihi rajin-rajin browsing aja atau ke findation.com :)

      Delete
  3. emang ber-resiko banget ya kalo beli foundie online, soalnya ga bisa 100% percaya sama warna swatch yg bertebaran. sayang banget jadi keliatan gelap muka kamu kalau pake ini :/

    www.girlswethings.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :( Setelah kemarin browsing-browsing, ternyata si Natural Buff ini buat NC40. Sedangkan aku di range 30-45, ternyata dese kegelapan *bingung antara seneng kulit ga gelap-gelap amat atau sedih karena salah beli shade*

      Iyaa, kesannya kayak pengen dibersihin gitu karena mukanya gelap T.T

      Delete
  4. kayanya kita ada di range kulit yang sama :| atau mungkin aku lebih gelap -_- soalnya beberapa kali beli bb cream dari produk lokal selalu keputihan padahal warnanya udah yang natural:") pengen beralih ke foundie yang ringan, tapi gaberani beli online T_T *anakribet* fit me ini ringan ga ka? setau aku sih ada yang matte&poreless jadi jatohnya ga berminyak banget. di counter nya maybelline ada ga ka ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu NC berapa emang say?

      Ini pendapat aku pribadi sih, menurutku BB Cream nggak jauh beda hasilnya sama foundation ;) Mungkin less awet aja kalo BB Cream, soal thick/nggaknya sih di kulitku terasa sama -_-*

      Fit Me buatku masih terasa greasy sih, masih terasa gitu kalo pake foundation di wajah. Kalau masih terasa pake foundie buatku itu masih belum light di kulit :)

      Itu di atas udah aku tulis juga ya sekarang varian ini jadi seperti apa, bisa dibaca lagi :) Ini belum masuk sini.

      Delete
  5. hai kak, punya rekomen foundi buat tipe kulit kombinasi kayak aku.. jadi kerasa oily di daerah T-zone doang, yg longlast... makasih

    ReplyDelete
  6. reviewnya baguuuuus, jelas banget buat pemula hehe sukaaa!! :)

    ReplyDelete
  7. Untuk foundation, kalo emg mau lighweight dan juga light coverage aku lebih saranin bourjois. It will not makes you breakout, karena aku yg acne prone skin make dan gk bikin jerawatan.
    Mnurut aku juga mungkin karena ada kandungan paraben. Kandungan paraben bikin kulit makin sensitif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya Bourjois banyak yang bilang bagus. Tapi aku udah cocok sama Covergirl, baik warna, coverage, kemasan dan konsistensinya. Jadi agak males mau nengok-nengok lainnya hahaha But thanks tho :)

      Selama ini aku pake produk yang ada kandungan paraben sih nggak ada masalah. Besides, what products which don't have parabens in it these days? ;)

      Delete
  8. Hi, Nindy! Saya baru beli foundie versi terbaru dan warnanya Natural Buff. It definitely looks like my second skin with matte finish. I agree that the product still transfers when I"m sweating.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo haloo,

      Wah good for you kalo gitu! :)) Aku nggak tertarik beli yang versi baru lagi, udah cocok sama merk lain heheh

      Delete
  9. Untuk seri lama ini sih nggak ya. Entah yang rilisan terbarunya 😬

    ReplyDelete
  10. Muka aku sawo matang dan coba beli shade yang 230 ko malah jadi item banget yaa-_- parah si oxidasi nya Kalo kata aku mending pake yang putih putih sekalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget yaa :( Iya agak terang satu tingkat mungkin biar lebih match :)

      Delete

Semua komentar akan disetujui, asalkan nggak memuat link (bentuk apapun), spam/promosi dan bukan Anonymous atau Unknown tanpa nama.

Pengen blogmu terkenal? Silahkan gunakan fitur Name/URL instead of your Google account. I'd be happy to help.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...